Rabu, 29 Juli 2015

Berbagi Ilmu dari PATI

Kali ini author akan berbagi beberapa ilmu yang didapatkan selama author mengikuti PATI. Sebelumnya apa sih itu PATI? PATI merupakan singkatan dari Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi yang diadakan oleh UMM untuk melatih calon mahasiswa UMM mengenal dan mengetahui lebih sekitar teknologi informasi baik yang umum maupun yang ada di UMM.

Nah saya akan coba berbagi tentang menyimpan data secara online di Google Drive. Google Drive adalah penyimpan file dan dokumen serta layanan sinkronisasi yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pengguna (user) melakukan penyimpanan file dan dokumen secara online (cloud computing), file sharing dan pengeditan file secaa kolaboratif.


Bagaimana sih cara sharing dan mengedit file di Google Drive ini?

Pertama-tama kita buka dulu alamat Google Drive di http://drive.google.com . Kalau sudah diatas My Drive ada tulisan New dan kita klik disana dan akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Google docs fungsinya sama dengan microsoft word, google sheets fungsinya sama dengan microsoft excel sedangkan google slides fungsinya sama dengan microsoft power point.

Karena saya diajarkan sharing dan edit dengan google docs maka saya akan mengulas bagaimana cara sharing dan edit di google docs.

Kalau kita klik Google Docs akan muncul tampilan seperti ini.
Gambar biru yang ada tulisan sharenya itulah yang bisa ubah pengaturannya. Kalau kita klik akan diminta untuk menyimpan dulu dokumennya. Jadi kita beri nama dulu dokumen kita lalu klik save.Nanti akan muncul tulisan Share with Others dan kolom-kolom lain. Kita klik pada bagian tulisan Advanced di pojok kiri. Kalau sudah terbuka dan menemukan tulisan Prive -Only you can access dan disebelahnya ada tulisan Change maka kita klik pada tulisan Change dan akan muncul seperti ini


Untuk pilihan public on the web memungkinkan semua orang untuk bisa mengedit dokumen milik kita sedangkan Anyone with the link hanya orang tertentu yang kita berikan linknya. Ini sangat berguna untuk tugas yang berkelompok.

Sekian untuk postingan saya kali ini dan ini adalah salah satu pelajaran yang saya dapatkan di PATI.

Sumber gambar :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPO4SEZQ1ROEFRmXAK6XIeNVuilXrFursF2ri44XRhY4-HMgWr4CJCpcsGwQsnZ69F3p30H-V6qqlhNe1FCjTKOJb_y48pzZOgUz8KRbbwuManrkd5wccwzRifiUEaQPtYUPgfXR8ycT0/s1600/docs+sharing.png
http://www.geeky-gadgets.com/wp-content/uploads/2012/05/Google-Docs-Research-Tool.jpg
https://www.google.com/edu/images/training/tools/slides/basics-2-1.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar